Bisnis Waralaba Kopi, Sampai Kapan Bisa Bertahan?




Di tahun 2019, bisnis waralaba kopi menjamur di Indonesia. Bisa dibilang, hampir di setiap sudut kota ada franchise kopi dengan segala jenis varian kopi yang unik. Tahun 2019 bisa ditahbiskan sebagai tahun bagi franchise kopi karena ada banyak brand kopi yang berdiri.

Dengan harga 15.000 hingga 25.000 Rupiah, gerai-gerai kopi susu melayani banyak pelanggan yang datang dari berbagai macam level. Selain itu, ada banyak ojek online yang juga melayani dan mengantarkan kopi itu.
Apakah franchise kopi ini akan terus bertahan dalam waktu yang sangat lama? Banyak yang membuat penafsiran mengenai keberlangsungan usaha tersebut dan berikut penjelasannya.

Tren bisnis waralaba kopi kemungkinan akan berakhir

Menurut ketua kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengungkapkan bahwa tren bisnis franchise kopi akan memasuki fase jenuh. Saat itu, keuntungan yang didapatkan dari bisnis kopi tidak akan seuntung franchise yang sedang tren pada saat itu.

Baca juga: Cara memulai bisnis online tanpa modal dan pengalaman

Dalam hal ini, ada seleksi alam yang terjadi dan membuat sejumlah pemain yang akan tumbang. Untuk itu, setiap bisnis kopi membutuhkan suntikan dana agar mereka tetap bertahan dan mengembangkan ide yang ada agar mereka tetap bertahan dan bisa bersaing di persaingan bisnis.

Menurut Anang, dari sejumlah pemain bisnis kopi yang ada, hanya 15 hingga 20 persen saja yang bertahan. Untuk itu, dalam waktu 3 hingga 5 tahun kedepan akan terlihat bagaimana kemampuan bertahan dari setiap bisnis kopi yang ada. Jika mereka mampu bertahan dalam waktu yang lama tersebut maka, mereka bisa digolongkan sebagai bisnis kopi yang bagus.

Bisnis healthy food akan populer

Masih seputar bisnis franchise, Anang mengaku kalau bisnis healthy food kemungkinan akan populer di tahun 2020 mengingat, tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi. Karena itu, akan ada banyak orang yang juga menerapkan hal yang serupa agar mereka bisa mendapatkan yang terbaik untuk kesehatan diri mereka.

Baca juga: Tren kerja 2020

Tentunya bisnis makanan bisa menjadi salah satu hal penting yang dapat membantu mereka untuk meraih hal yang terbaik terutama dalam soal makanan. Untuk itu, bisnis makanan organik bisa mendatangkan hal yang sangat bagus dan juga menggantikan bisnis waralaba kopi yang sempat populer sebelumnya.


No comments

Powered by Blogger.