Jual Beli Tanah, Untung Atau Tidak?




Jual beli tanah merupakan salah satu jenis bisnis tipe lama yang masih digeluti banyak orang. Tidak hanya oleh orang tua saja, banyak anak muda yang juga tertarik untuk menjalankan bisnis tersebut karena, nilai keuntungan yang diklaim tinggi.
Kalau begitu, bisnis ini aman kan? Belum tentu karena, pengelolaan yang salah malah bisa mendatangkan kerugian bagi Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk mengelola bisnis tanah, berikut hal-hal yang harus Anda ketahui.

Bisnis tanah tidak butuh perawatan? Pikir dulu!

Mungkin Anda berpikir bisnis jual beli tanah tidak membutuhkan perawatan. Tapi, hal ini salah karena, bisnis tanah juga membutuhkan perawatan. Jika tidak, tanah yang Anda miliki bisa disalah gunakan oleh orang lain.
2 contoh umum yang sering terjadi adalah, penyalah gunaan lahan akibat lahan parkir dan bercocok tanam. Seringkali, tanah yang terletak di tempat yang strategis bisa disalah gunakan oleh orang lain untuk tempat parkir.
Selain itu, ada juga orang yang memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Bukan hanya dua hal ini saja, masih banyak contoh lainnya yang juga bisa terjadi jika Anda tidak menjaga tanah Anda dengan baik.
Karena itu, pastikan Anda tetap merawat lahan yang Anda miliki dengan melakukan pengawasan secara teratur. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari masalah terutama dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin memanfaatkan lahan Anda untuk kepentingan pribadi.

Bukan aset produktif

Tidak seperti properti, tanah bukan termasuk aset produktif dimana, nilai jualnya tidak naik setiap tahunnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menjual tanah di waktu yang tepat. Biasanya, hal ini terjadi saat daerah tempat tanah Anda mulai dilirik oleh investor untuk pembanungan sehingga, waktu ini bisa dibilang waktu yang tepat.
Untuk itu, Anda perlu melihat waktu yang tepat sehingga, Anda bisa melihat momen yang pas untuk menjual tanah yang Anda miliki.

Bukan investasi jangka panjang

Seperti yang telah dijelaskan diatas, tanah bukan bisnis jangka pendek karena, tanah tidak akan mendatangkan keuntungan dalam waktu yang cepat. Selain itu, menyimpannya dalam waktu yang sangat panjang juga tidak akan langsung memberikan keuntungan yang besar.
Hal terpenting yang harus dilihat adalah momen yang pas untuk menjual tanah yang Anda miliki sehingga, Anda harus melepas tanah sesuai dengan momen yang pas. Karena itu, Anda perlu memiliki banyak informasi terkait bisnis sehingga, Anda bisa mendapatkan informasi yang pas.

Tidak mudah mendapatkan calon pembeli

Tidak seperti emas, tanah tidak seperti kacang rebus yang dicari-cari oleh banyak orang. Tanah merupakan salah satu jenis investasi yang jarang dilirik oleh orang. Tentunya, hal ini akan cukup sulit bagi Anda untuk melepas tanah.
Untuk itu, Anda perlu memahami resiko ini agar dapat membantu Anda dalam melihat hal-hal penting yang pas sehingga, Anda bisa mengetahui resiko dari tanah yang Anda miliki.

No comments

Powered by Blogger.