Ide Bisnis: Es Jeruk Peras Yang Mudah dan Menguntungkan




Ada banyak ide bisnis minuman di tahun 2019 ini seperti, es jeruk peras. Modalnya yang minim namun keuntungan yang maksimal bisa menjadi peluang bisnis yang bagus terutama bagi mereka yang hendak membuat bisnis minuman.

Apakah Anda berminat membuatnya? Sebelumnya, Anda harus melakukan persiapan seperti modal usaha, belanja barang, dan juga hal lainnya. Jika Anda sudah siap, berikut modal dan barang-barang yang harus Anda siapkan.

Modal awal es jeruk peras

Oke, Anda sudah mantap untuk memilih es jeruk peras sebagai model bisnis Anda. Sekarang, Anda harus mempersiapkan modal. Apa saja modal yang harus disiapkan? Apakah uang saja sudah cukup? Belum, ada hal lain yang harus disiapkan selain uang.


Pemilihan tempat

Ada peribahasa yang menyebutkan tempat duduk menentukan prestasi. Dalam hal ini, bukan tempat duduk yang harus Anda pikirkan tapi tempat usaha. Tempat usaha yang strategis berpotensi mendatangkan tamu yang banyak dan usaha Anda akan dikenal dengan mudah.

Ada 3 opsi tempat yang bisa Anda pilih dengan baik seperti:
  • Alun-alun kota

Ini adalah pusat kota, tempat orang lalu Lalang. Tempat Anda berpotensi bisa mendapatkan lebih banyak orang dalam waktu yang cepat.
  • Stadion dan taman atau tempat berolahraga

Tidak ada yang lebih enak dengan meminum es jeruk setelah berolahraga. Karena itu, Anda bisa menjajakan dagangan Anda di tempat orang-orang berolahraga sepert tamana, stadion,
  • Sekolah, kantor atau universitas

Mau lebih mudah? Anda bisa berjualan di depan sekolah, kantor atau universitas. Di ketiga tempat tersebut, Anda berpotensi untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.


Setelah itu, Anda bisa mencari tahu soal alat-alat yang harus Anda siapkan seperti dibawah ini

  • Gerobak atau booth

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah membuat sebuah gerobak atau booth. Disini, Anda bisa berkeliling dalam mencari supplier yang siap untuk membuat gerobak dengan harga yang terjangkau. Setelah berkeliling, Anda bisa mulai mencari supplier yang pas bagi Anda. Rata-rata, harga gerobak atau stan berkisar antara 3 – 5 juta Rupiah.
  • Alat peras jeruk

Ada beragam alat peras yang tersedia dengan harga murah hingga paling mahal. Yang harus Anda perhatikan adalah kualitas barang itu sendiri. Percuma jika harganya murah tapi cepat rusak. Karena itu, belilah alat peras dengan kualitas yang baik. Sebagai info, alat peras berbahan besi berharga 150.000 Rupiah (Menurut Tokopedia).


  • Peralatan lainnya

Disini, Anda harus menyiapkan alat-alat lainnya seperti gelas plastic, sedotan, alat pengemas, dan ember. Rata-rata alat-alat tersebut berharga murah karena berjenis satuan. Siapkan sekitar 1 juta Rupiah untuk membeli alat-alat itu dalam jumlah banyak dimana, Anda bisa gunakan alat-alat tersebut dalam jangka panjang.
  • Jeruk dan bahan lainnya

Namanya jualan es jeruk segar maka, jeruk menjadi bahan utama yang harus ada. Untuk pertama-tama, siapkanlah jeruk sebanyak 10 kg. Setelah itu, Anda bisa mengira-ngira berapa jeruk yang bisa Anda habiskan dalam sehari. Jika 10 kg masih kurang maka, Anda bisa membeli lebih banyak jeruk untuk usaha Anda.

Jangan lupakan gula dan es batu karena, keduanya bisa membuat jeruk buatan Anda semakin segar. Gula menjadi salah satu hal yang membuat jeruk Anda manis dan enak untuk disantap. Untuk itu belilah gula kemasan yang biasanya dijual di minimarket seharga 25.000 Rupiah.

Untuk es batu, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memasukkannya kedalam plastic. Selain lebih hemat, Anda bisa memastikan kalau es yang Anda buat bersih dan sehat.
  • Harga jual agar balik modal

Untuk menentukan harga jual, Anda bisa memperhitungkan berapa modal yang telah Anda habiskan serta berapa banyak bahan yang Anda gunakan. Dalam satu gelas, biasanya orang-orang menetapkan harga sebesar 5000 Rupiah. Namun, Anda bisa menetapkan harga yang lebih mahal asalkan rasa lebih enak dan kuantitas jeruk peras yang diberikan lebih banyak.
  1. Lakukan pemasaran dan eksperimen

Untuk pertama-tama, Anda bisa menerapkan promo buy 1 get 1 free. Cara ini memang membuat Anda tekor tapi, pelanggan akan tahu es jeruk peras yang Anda buat. Selain itu, Anda bisa bereksperimen dengan membuat varian menu lainnya seperti es jeruk kopi atau es jeruk susu agar membuat bisnis es jeruk segar Anda semakin dikenal.

No comments

Powered by Blogger.