Google Ads Ampuh Promosikan Bisnis UMKM, Hoax atau Benar?




Mau promosi usaha Anda tanpa mengeluarkan uang banyak? Google Ads adalah solusinya. Ini adalah sebuah produk yang dimiliki oleh Google. Diluncurkan pada tahun 2000, layanan ini membantu para pengusaha dalam mempromosikan bisnis mereka melalui internet.

Menurut Wordstream, orang yang menggunakan Google Ads dapat mendapatkan keuntungan sebesar $2 dari setiap $1 yang mereka habiskan di Google Ads (2018). Hal ini bisa dicapai dengan penerapan campaign yang tepat agar para pelaku usaha bisa mencapai target yang diinginkan.

Jika Anda belum menggunakan layanan Google yang satu ini, Anda perlu berpikir ulang dan mulai untuk menerapkannya karena, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Penting sekali bagi setiap pelaku usaha untuk menerapkan hal itu untuk mendapatkan keuntungan.

Apa itu Google Ads dan bagaimana cara menggunakannya?


Tak kenal maka tak sayang, Anda harus tahu lebih dulu soal Google Ads. Produk ini berfungsi untuk mengiklankan usaha dari si penggunanya. Pengguna bebas untuk mengatur iklan yang ia inginkan sesuai dengan target pelanggan, waktu, tempat dan jenis iklan yang diinginkan.

Untuk menggunakannya, Anda perlu login lebih dulu email dan password Anda. Setelah itu, Anda akan masuk kedalam laman Google Adwords Keyword Planner. Disana, Anda bisa memilih keyword-keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda berjualan obat jerawat, maka Anda bisa fokus ke keyword jerawat.


Jangan lupa untuk mengatur seberapa besar budget yang akan Anda atur sesuai dengan iklan yang Anda buat. Ada 3 jenis iklan yang tersedia di Google Adwords seperti:
  • Biaya per impresi

Anda akan dikenakan biaya jika iklan Anda ditonton oleh 1000 orang. Iklan ini cocok untuk membangun brand awareness di masyarakat.
  • Biaya per klik / Pay per click

Untuk iklan ini, Anda akan dikenakan biaya setiap orang klik iklan Anda. Biaya diatur sesuai dengan tingkatan iklan yang Anda pilih.
  • Biaya per konversi (Conversion)

Untuk ini, Anda bisa membayar iklan jika tujuan Anda sudah terpenuhi seperti user yang mendaftar, lama waktu kunjungan, penjualan dan hal lainnya.


Manfaat Google Adwords untuk perkembangan bisnis


Dengan semakin berkembangnya zaman, keberadaan teknologi membantu para pelaku usaha untuk bergerak secara mandiri. Hal ini terlihat lewat Google Adwords dimana, mereka dapat mempromosikan bisnis mereka secara mudah tanpa bantuan apapun. Dengan pemiliha keyword yang tepat, bisnis mereka dapat dikunjungi dengan mudah. Manfaat-manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya Google Adword adalah sebagai berikut:

  • Cocok untuk segala jenis usaha

Bisa dibilang, metode Google Adwords sangat cocok untuk berbagai macam jenis usaha mulai dari kecil hingga yang sudah besar. Karena itu, hal ini bisa dimanfatkan oleh para pelaku usaha kecil untuk mengembangkan usaha mereka dengan cepat.
  • ROI yang besar

Dengan sistem return of investment yang besar, Anda berpeluang untuk mendapatkan untung lebih cepat. Tentunya, hal ini diimbangi dengan pemasangan keyword yang pas.
  • Ada banyak tools

Google Adwords memiliki banyak tools yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan mulai dari traffic estimator, placement tool, dan lainnya.
  • Biayanya yang terjangkau

Google Adwords memiliki banyak tools yang bisa digunakan dengan harga yang terjangkau. Hal ini penting bagi para pelaku usaha kecil dan menengah agar bisa memasang iklan dengan efek yang besar dan harga yang terjangkau.



No comments

Powered by Blogger.