Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Pengalaman




Tahun lalu, ada 310 dari 100.000 orang yang membuat bisnis baru di Amerika pada tahun 2017 menurut data dari Kaufmann Index of Startup. Para pelaku bisnis kebanyakan memulai bisnis mereka berdasarkan peluang dan bukan kebutuhan.

Pertumbuhan pebisnis sangat kencang berkat teknologi yang semakin maju. Banyak muncul startup-startup canggih dengan beragam tawaran yang kreatif. Variasi layanan didukung oleh infrastruktur yang sudah maju membuat banyak orang ingin membuat perusahaan sendiri.

Baca juga: 4 tips bisnis seperti pisang goreng madu bu nani

Kini, bisnis tak lagi membutuhkan modal uang dan operasional yang besar. Hanya bermodalkan internet dan laptop yang canggih, Anda bisa melakukan apa saja termasuk membangun sebuah bisnis. Berikut langkah-langkah dalam memulai bisnis online tanpa membutuhkan pengalaman dan modal.

Pilih ide bisnis online yang relevan bukan berdasarkan passion

Seringkali, banyak anggapan yang mengatakan kalau buatlah bisnis berdasarkan passion Anda. Menurut konsultan manajemen Peter Drucker dalam bukunya managing oneself, hal tersebut salah. Sebagai penjelasan, ia mengambil analogi basket. Seseorang yang hobi basket pasti akan berupaya untuk mewujudkan mimpinya sebagai pemain basket professional.

Passion hanya melakukan apa yang mereka suka dan seringkali hal itu tidak sejalan dengan situasi yang ada. Karena itu, hal ini meningkatkan resiko kegagalan dalam berbisnis. Drucker menegaskan bahwa bisnis seharusnya dibangun berdasarkan situasi yang ada dan berpeluang untuk mendatangkan keuntungan.

Baca juga: Uber kembali PHK Karyawan

Sebelum memulai bisnis, Drucker berharap agar orang-orang untuk melihat apa yang mereka punya dan relevan dengan yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika Anda pintar dalam berbicara maka, Anda bisa membuka jasa public speaking.

Lihat tren dan kecepatan dalam meluncurkan produk

Setelah memutuskan apa yang menjadi kekuatan Anda, Anda mulai bisa melihat tren apa yang sedang terjadi. Tai Lopez selaku salah satu penasihat bisnis mengatakan bahwa banyak startup tidak tahu apa yang sedang terjadi dan gagal dalam menjalankan bisnis. Masalah ini bisa diatasi dengan melihat tren.

Selain itu, setiap orang perlu bergerak dengan cepat agar mereka bisa segera mengatasi persaingan yang ada. Zaman sekarang, banyak orang melihat kecepatan rilis sehingga, para perusahaan perlu bergerak cepat agar mereka bisa mendapatkan atensi dari orang-orang.



No comments

Powered by Blogger.