Apa itu Influencer dan Bagaimana Cara Memilih yang Tepat




Masih banyak orang yang tidak tahu mengenai apa itu influencer, padahal, IG influencer bukan lagi hal yang baru. Mereka merupakan bagian dari dunia pemasaran bisnis untuk sosial media. Bisa dibilang, cara ini sering digunakan oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka.

Ternyata, istilah influencer tidak tepat bagi mereka karena, mereka mengaku tidak ingin dipanggil dengan istilah tersebut. Selain itu, para pelaku usaha juga masih kebingungan dalam memilih orang yang tepat untuk mempromosikan bisnis mereka.


Penting bagi kita untuk melihat secara langsung apa itu influencer serta tips untuk memilihnya sehingga memudahkan para pebisnis dalam memilih mereka.

Apa itu influencer dan apa nama profesi resmi mereka?

Selama ini, kita banyak mengenal influencer pada sosial media. Namun, 71% dari mereka enggan jika disebut sebagai influencer menurut survei influencer 2019 oleh Prowly.com. Mereka justru ingin disebut sebagai seorang creator. Akan tetapi, Indonesia lebih mengenal mereka dengan sebutan influencer atau selebgram.

Dengan mengenal sebutan yang tepat, para pelaku usaha bisa dengan mudah mencari orang yang tepat untuk mempromosikan bisnis mereka. Hal ini juga menghindari ketidak cocokan antara si pelaku usaha dengan creator.

Mengapa disebut sebagai seorang creator?

Co-Founder influencer Agency, Dave Leusink mengatakan bahwa creator adalah seseorang yang dapat membuat konten berkualitas berdasarkan kreativitas mereka. Seseorang yang terkenal bisa saja menarik lebih banyak orang dengan konten mereka tapi, efek ini hanya sesaat saja. Jika dibandingkan dengan creator serta konten berkualitas mereka yang memberikan efek jangka panjang yang lebih baik.


Karena itu, tidak heran jika mereka lebih ingin disebut sebagai seorang creator karena, mereka membuat konten yang berkualitas. Mereka akan membuat konten yang berkualitas yang tidak pernah ada sebelumnya untuk kepentingan perusahaan.

Bagaimana mencari seorang creator yang tepat untuk perusahaan Anda?

Sekarang, kita beralih ke topik kedua, bagaimana mencari seorang creator yang tepat untuk Anda. UMKM membutuhkan mereka untuk mempromosikan produk yang mereka miliki. Untuk memilih orang yang tepat, mereka perlu mengetahui cara-cara yang pas agar bisa membantu mereka dalam melakukan hal yang tepat.
Untuk memilih orang yang tepat, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
  •         Gunakan hashtag sesuai niche dari bisnis atau produk yang Anda jual. Contoh, jika Anda mencari creator untuk produk kecantikan, Anda bisa mencarinya dengan keyword yang berhubungan.

  •         Anda juga bisa mengintip brand-brand lain untuk melihat creator yang pernah mereka sewa. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam mendapatkan creator yang tepat.

  •         Cek jumlah likes dan followers mereka. Seringkali, creator memanfaatkan jasa beli followers untuk menaikkan jumlah followers mereka. Bot tidak akan memberikan engagement dan conversion yang sesuai dengan keinginan.





No comments

Powered by Blogger.