Pancasilanomics, Pola Perekonomian Baru Yang Harus Anda Ketahui




Dalam visi dan misi yang diusung oleh Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, ada Pancasilanomics yang merupakan sebuah cara untuk mengelola perekonomian Indonesia sesuai dengan Pancasila yang menjadi dasar falsafah bangsa Indonesia.
Hal ini juga digaungkan oleh salah satu ekonom tanah air, Bapak Arif Budimanta. Beliau yang juga menjabat sebagai seorang Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) juga meluncurkan sebuah buku yang berjudul Pancasilanomics: Jalan keadilan dan kemakmuran.
Menurutnya, Pancasilanomics adalah sebuah sistem yang terjalin antara negara dan warga untuk memajukan kemanusiaan dan peradaban. Hal ini dapat memperkuat ekonomi nasional secara gotong royong atau dengan usaha bersama.
Dalam hal ini, ada 2 hal yang ia katakana yakni Pancasila adalah ruh dalam jalannya perekonomian tanah air. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Pancasila tidak anti dengan pasar. Lewat dua hal ini, ia menjelaskan bahwa Pancasila tidak anti pasar dan menganggapnya sebagai relasi dan modal serta kekuasaan. Namun, Pancasila menjadi dasar bagi setiap pihak yang terlibat dalam transaksi yakni, pelaku usaha, konsumen, penjual dan produsen.
Selain itu, kehadiran Pancasilanomics di Bursa Efek juga menjadi sebuah tanda bahwa mereka tidak anti dengan pasar. Menurut Arif, Pancasilanomics memiliki tujuan akhir bagi seluruh rakyat Indonesia yakni, membuat keseimbangan dan integrasi sosial dan bukan keseimbangan pasar. Tentunya, hal ini untuk mendukung dan membantu para pelaku pasar yang berada dalam posisi yang lemah dan berada dalam tekanan.
Sistem ini menggunakan energi dan SDA sebagai basis kemakmuran dan kemajuan bangsa untuk menciptakan hak warga negara untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak. Dengan begitu, setiap elemen dalam masyarakat bisa merasakan kehidupan yang enak.
Hal ini menjadi elemen penting yang diharapkan bisa diterapkan mengingat, sistem yang berlaku di Indonesia masih cenderung kapitalis atau menguntungkan beberapa pihak saja. Tentunya, Pancasilanomics diharapkan bisa memberikan dampak yang besar terutama bagi para pelaku ekonomi skala kecil yang masih menderita kerugian dalam usaha.

No comments

Powered by Blogger.