Tips Menabung Untuk DP Rumah Dengan Mudah



Setiap orang memiliki impian untuk punya rumah. Kecil atau besar, semua orang akan merasa puas begitu mereka punya rumah. Karena itu, banyak orang bekerja keras untuk menabung agar bisa membeli rumah.
Menurut survey Bank Indonesia tahun 2019, ada kenaikan harga tipe rumah mencapai 0,72% dengan IHPR (Indeks Harga Properti Residensial) sebesar 244,98. Kenaikan ini disebabkan oleh harga uang muka, bangunan rumah, tenaga pengerja, dan faktor lainnya.

Harga yang mahal mendorong orang-orang lebih suka untuk mengontrak rumah padahal, rumah bisa menjadi investasi jangka panjang yang berguna. Berikut tips-tips yang harus kamu ketahui agar bisa menabung demi uang DP rumah.

Baca juga: Peluang bisnis 2019: bisnis lahan parkir

Analisis gol dan target Anda

Halpertama yang harus Anda ketahui adalah target yang akan Anda beli. Dalam hal ini, carilah rumah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda dan Anda baru bisa mulai menghitung besaran uang untuk DP rumah.
Dalam perhitungannya, ada 3 faktor yang berpengaruh seperti waktu pembelian rumah, kondisi pasar terbaru, dan rasio peminjaman uang. Untuk mempermudah langkah Anda, miliki simpanan uang sebesar 20% dari harga rumah.

Buat diri Anda jauh dari uang yang Anda miliki

Kedua, jauhkan diri Anda dari uang dan simpanan yang Anda miliki. Biasanya, orang-orang tergoda untuk menghabiskan uang yang dimiliki meskipun, mereka telah membaginya kedalam sejumlah pos pengeluaran per bulan.
Sebagai contoh, kamu sudah membagi uang untuk pengeluaran bulanan. Tiba-tiba, ada penawaran menarik akan barang yang sudah kamu inginkan sejak lama. Tanpa berpikir panjang, kamu akan membelinya dan hal ini jelas akan membuatmu kehilangan uang.
Mungkin kamu berpikir kalau kamu tidak khawatir karena, kamu sudah menyiapkan dana darurat atau hal lainnya. Tapi, cara ini salah dan bisa berakibat buruk di masa yang akan datang sehingga, pastikan agar tidak boros dan jauhkan diri dari uang yang dimiliki.

Baca juga : Digital marketing dan keuntungannya bagi perusahaan 

Tingkatkan pendapatan

Untuk mempermudah Anda dalam menabung guna mendapatkan DP rumah, Anda bisa meningkatkan jumlah pendapatan Anda. Karena itu, Anda bisa mencari uang sampingan dengan menjadi freelance atau membuka usaha diluar pekerjaan utama Anda.
Cara ini selalu menjadi cara yang mudah karena bisa membantu Anda dalam meningkatkan pendapatan yang Anda miliki sehingga, Anda bisa memiliki uang lebih yang bisa dialokasikan untuk DP rumah. Demikian tips menabung untuk mendapatkan DP rumah semoga bermanfaat bagi Anda.

No comments

Powered by Blogger.