Persaingan E-Commerce, Tokopedia Pimpin Pasar Indonesia




Persaingan e-commerce di Indonesia berlangsung dengan ketat. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk membuat langkah-langkah baru guna menarik lebih banyak konsumen. Menurut data yang dikeluarkan iPrice, Tokopedia memimpin pasar Indonesia dengan jumlah tranksaksi mencapai lebih dari 18 triliun Rupiah per bulan dan 140 juta kunjungan per bulan.
Pencapaian Tokopedia hanya dicapai dari pasar Indonesia saja. Sementara itu, ada 2 nama besar yang juga menempati bagian teratas dari klasemen yakni, Bukalapak dan Shopee. Shopee mampu berdiri di urutan kedua dengan 90,7 juta kunjungan per bulan.
Di urutan ketiga hingga kelima, ada Bukalapak, Lazada dan Blibli. Kelima nama perusahaan tersebut merupakan bagian besar yang terus mendapatkan sorotan berkat pergerakan mereka di pasar Indonesia yang kencang.
Dari kelimanya, ada 2 perusahaan yang bergerak di Asia Tenggara yakni Shopee dan Lazada. Selain di Indonesia, Lazada juga memimpin persaingan pasar e-commerce di Asia Tenggara dengan jumlah pengguna aktif perbulannya yang tersebar di 4 dari 6 negara.
Angka yang ada diprediksi masih bisa bertumbuh mengingat, pasar online di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Ernst & Young memprediksi bahwa nilai penjualan pasar online di Indonesia akan meningkat sebanyak 40 persen setiap tahun.
Kini, sudah ada sekitar setengah dari 269 juta lebih penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Dari angka tersebut, ada 70 pengguna smartphone yang tersebar di setiap daerah di Indonesia dan angka ini masih akan bertambah.
Pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia yang aktif turut berimbas pada kenaikan tingkat tenaga kerja di Indonesia. Sudah ada 12.500 tenaga kerja yang bekerja di pasar e-commerce serta volume bisnis e-commerce Indonesia yang akan bertumbuh hingga 130 miliar dollar.
Hal tersebut juga akan berimbas pada naiknya perekonomian Indonesia. Salah satu fokus Indonesia adalah pasar start-up yang berkembang semakin kencang. Hal ini memberikan efek yang sangat besar terhadap banyak aspek di pasar Indonesia.
Dengan begitu, pergerakan ekonomi di Indonesia menjadi semakin kencang dan turut menumbuhkan nilai ekonomi nasional yang bisa membuat negara semakin maju berkat pertumbuhan e-commerce yang positif.

No comments

Powered by Blogger.