Modal UMKM, Masalah Utama Yang Sulit Dipecahkan




Dari berbagai macam masalah yang dihadapi oleh UMKM di indonesia, masalah modal menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Mereka tidak memiliki dana dalam jumlah besar untuk mengembangkan usaha mereka sehingga, mereka stuck di tengah jalan.
Padahal, UMKM menjadi roda perekonomian Indonesia yang sangat penting. Menurut data yang dikeluarkan BPS, kontribusi UMKM pada ekonomi mencapai 61,41% dari PDB dan ada 97% dari tenaga kerja nasional bersumber dari UKM.
Permasalahan ini harus segera dipecahkan dengan upaya dari berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Kredit Usaha Rakyat sebagai upaya pemerintah untuk membantu UMKM
Untuk membantu UMKM, Pemerintah mengeluarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Lembaga Pengelolaan Dana Bergilir (LPDB). Lewat kedua program ini, UMKM diharapkan bisa terbantu dengan suntikan modal dan bunga yang kecil.
KUR diberikan bagi UMKM dengan syarat untuk layak dibiayai tapi belum bankable. Bunga yang diberikan sendiri cukup kecil hanya sekitar 7% per tahunnya. Program ini memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mendapatkan dana tambahan tanpa bunga yang mencekik.
Kemunculan tekfin P2P Lending
Selain program pemerintah, sejumlah perusahaan swasta juga berdiri dengan konsep P2P Lending. Hal ini membuka kesempatan selebar mungkin bagi setiap UMKM untuk mendapatkan tambahan dana lewat institusi yang ada.
Biasanya, mereka memberikan program modal dengan banyak keunggulan sehingga, banyak UMKM yang tertarik untuk mendapatkan hal yang terbaik untuk soal pendanaan mereka. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan dana tambahan untuk usaha mereka.
Permasalahan dalam memenuhi syarat yang ada
Jika ingin mendapatkan dana tambahan baik dari pemerintah atau perusahaan tekfin, Anda harus memenuhi persyaratan yang ada. Untuk KUR, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya, UMKM yang Anda miliki harus berusia diatas 6 bulan.
Tekfin swasta memberikan persyaratan yang berbeda sehingga, Anda diharapkan dapat memenuhi persyaratan tersebut. Salah satu hal penting yang harus diketahui adalah, pendanaanyang besar dapat membantu usaha Anda agar berkembang lebih besar sehingga,penting untuk mendapatkan dana tersebut.



No comments

Powered by Blogger.