Suntik Modal Miliaran ke Bisnis Anak Jokowi, Siapa Alpha JWC Ventures?



Startup berbasis minuman tradisional yang digagas oleh anak Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kevin Susanto bernama Goola baru saja mendapatkan suntikan dana besar senilai 71 miliar rupiah dari Alpha JWC Ventures. Dana itu akan digunakan oleh Gibran dan Kevin untuk mengembangkan Goola.
Goola bukan yang pertama dalam menerima suntikan dana itu. Sebelumnya, sudah ada banyak perusahaan yang juga menerima dana dari Alpha JWC Ventures. Lantas, siapakah Alpha JWC Ventures?
Perusahaan modal ventura berbasis investasi
Alpha JWC Ventures didirikan oleh Chandra Tjan, Will Ongkowidjaja dan Jefrey Joe. Perusahaan ini bergerak di bidang investasi untuk perusahaan-perusahaan startup yang ada di Indonesia. Goola menjadi startup terbaru yang juga mendapatkan dana dari Alpha JWC.
Sebelum Goola, sudah ada 30 startup yang mendapatkan pendanaan dari Alpha JWC seperti TaniHub, Kopi Kenangan, Alterra, dan juga beberapa startup lainnya. Perusahaan-perusahaan tersebut menjelma menjadi perusahaan startup yang mendapatkan banyak sorotan dari banyak orang.
Merambah pasar Asia Tenggara
Alpha JWC Ventures tak lagi bergerak di Indonesia saja karena, mereka merambah pasar Asia Tenggara. Ada 3 perusahaan luar yang didanai oleh Alpha JWC Ventures yakni, Modalku, Carro, dan WeWork.
Selain itu, ada berita finansial Deal Street Asia yang sempat masuk portfolio investasi perusahaan. Namun, Deal Street Asia diakuisis oleh Financial Times dari Grup Nikkei. Selain itu, Spacemob juga diakuisisi oleh WeWork.
Meski bergerak di pasar Asia Tenggara dan internasional, Alpha JWC tetap berfokus dalam mengembangkan perusahaan-perusahaan startup di Indonesia. Hal ini terlihat dari portfolio perusahaan tersebut dimana, ada banyak perusahaan lokal yang masuk kedalam sana.
Alpha JWC Ventures berpotensi untuk menambah perusahaan yang akan masuk kedalam portfolio mereka nantinya karena, mereka akan terus bergerak guna menjaring perusahaan-perusahaan startup yang bisa menjadi bagian dari mereka.
Pergerakan bisnis yang kencang membuat Alpha JWC Ventures terus bergerak kencang guna menilik perusahaan startup yang berpotensi akan mengguncang pasar seperti Goola, perusahaan yang bergerak di bidang minuman tradisional dengan kemasan modern milik anak Jokowi.



No comments

Powered by Blogger.