Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tahun 2020, Akankah Naik atau Tidak?




Pertumbuhan diprediksi akan didorong oleh konsumsi rumah tangga. Hal ini sudah diperkirakan oleh Deputi Gubernur BI, Destry Damayanti. Hingga kini, pihak BI sudah melakukan penurunan suku bunga sebanyak 2 kali untuk menerapkan langkah pencegahan dalam mengatasi momentum pertumbuhan yang ada.
Selain itu, generasi milenial akan dianggap sebagai elemen utama yang turut berkontribusi dalam kemajuan ekonomi Indonesia. Apa peran kaum milenial dalam mendorong perekonomian Indonesia kedepannya?
Peran generasi milenial dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020
Menurut Direktur utama UOB, Kevin Lam, generasi milenial akan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020. Dalam 10 tahun mendatang, kaum milenial akan mendominasi jumlah penduduk di Indonesia. Pada tahun 2030, 44 persen populasi penduduk diprediksi akan didominasi oleh kelompok usia produktif.
Pada tahun 2030-2040, Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana, penduduk akan diisi oleh orang-orang yang berada pada masa produktif (15-64 tahun). Karena itu, pendapatan dan daya beli masyarakat Indonesia akan naik.
Karena itu, hal ini akan jauh berbeda dengan generasi sebelumnya dimana, daya beli mereka kecil dan lebih difokuskan untuk konsumsi dasar atau membeli kebutuhan pokok ketimbang untuk hal lainnya. Untuk itu, hal ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan membuat ekonomi Indonesia naik secara perlahan.
Selain sisi konsumsi, ekonomi juga diharapkan bisa tumbuh pada sisi investasi mengingat, aspek konsumsi tidak bisa selalu diutamakan. Dengan investasi, orang-orang dapat mengolah uang mereka untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.
Hal itu juga menjadi fokus Bank Indonesia. Namun, Bank Indonesia tidak sepenuhnya mengurus hal tersebut karena, hal itu tidak lagi menjadi bagian dari urusan bank Indonesia seperti yang dikatakan oleh Destry.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 dapat mendorong daya konsumsi yang baru dan mendorong orang-orang untuk mendapatkan banyak manfaat demi kemajuan negara.



No comments

Powered by Blogger.